Potensi Sumber Penghasilan Warga

  • Dibaca: 138 Pengunjung

Genta

 
Semarapura Kauh memiliki potensi penghasilan warga yang beragam. Salah satu sumber penghasilan warga yang sangat terkenal dan sudah ada sejak turun temurun adalah sebagai pengrajin kuningan, yang ada di Desa Budaga. 
 
Awal mulanya Desa Budaga ini merupakan desa pertanian, namun karena semakin sempitnya lahan yang dapat digunakan untuk bertani, akhirnya banyak warga yang beralih profesi menjadi pengrajin kuningan.
 
Desa Budaga merupakan salah satu daerah wisata yang ada di Kelurahan Semarapura Kauh, Kabupaten Klungkung, kurang lebih 1 km sebelah barat dari kota Semarapura. Desa ini telah memproduksi kerajinan kuningan sejak jaman dahulu.Banyak sekali bentuk produk yang bisa dihasilkan oleh para pengrajin kuningan yang ada di Desa Budaga ini, mulai dari untuk sarana upacara agama, atau sebagai hiasan. Di awal perkembangannya Desa Budaga hanya memproduksi produk untuk sarana upacara keagamaan saja, seperti Genta, tempat bija (tempat beras suci), tempat tirta (tempat air suci), serta bermacam senjata nawasanga sebagai pelengkap dalam upacara keagamaan Hindu.
Dream Ball
 
Seiring berjalannya waktu dan semakin ketatnya persaingan di bidang kerajinan kuningan membuat para pengrajin di Desa Budaga, Kelurahan Semarapura Kauh ini semakin kreatif dalam memproduksi kerajinan kuningannya. Banyak produk-produk kreatif dan inovatif yang berhasil di hasilkan oleh para pengrajin di Desa Budaga ini. Salah satu hasil kerajinan yang sangat terkenal di Desa Budaga adalah Dream Ball (Bola Mimpi). Dream Ball ini adalah sebuah bola yang terbuat dari kuningan yang memiliki bunyi yang sangat merdu dan menenangkan. Awal mula terciptanya produk Dream Ball ini, berawal dari seorang pemesan dari Perancis yang memesan Dream Ball ini kepada soerang pengrajin bernama I Nengah Patra, yang ingin digunakannya sebagai hiasan untuk pohon natal. Dream Ball ini pun menjadi sangat terkenal, saat ini produk Dream Ball ini sudah mencapai pasar internasional.
  • Dibaca: 138 Pengunjung