"Om Swastyastu" Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa / Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Kelurahan Semarapura Kauh merupakan kelurahan yang menaungi 3 lingkungan, yaitu Budaga, Pegending dan Sangkanbuana yang memiliki tujuan terwujudnya masyarakat Kelurahan Semarapura Kauh yang damai dan sejahtera serta mempunyai tugas kepemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai Kelurahan Semarapura Kauh, Anda dapat mengakses situs kami di www.semarapurakauh.klungkungkab.go.id atau membutuhkan informasi Kabupaten Klungkung bisa diakses di www.klungkungkab.go.id.

-Lurah

-I Komang Sukrata. S.IP

Bola Mimpi Budaga Rambah Pasar Ekspor

  • 28 Mei 2016
  • Dibaca: 328 Pengunjung
Bola Mimpi Budaga Rambah Pasar Ekspor

Kerajinan ini salah satu keunikan kerajinan di bumi serombotan, selain berbentuk bulat juga mengeluarkan suara merdu. Bola mimpi, sarana untuk bermeditasi.

Pemasarannya lebih merambah pasar ekspor, diantaranya Jepang, Jerman, Inggirs, Amerika dan sebagainya. Ukuran bola mimpi memang bervariasi, mulai dari kecil diamater sekitar 2 cm, menengah diameter 5 cm dan besar 12 cm. Harganya terkecil hingga tersebesar, kisaran Rp 5.000 - Rp 300 ribu/pcs. “Ukuran 2 cm biasanya dipakai kalung, kalau yang sedang dan besar untuk alat meditasi,” ujar pemilik perajin bola mimpi Nengah Patra.

Pria yang juga perajin genta ini menambahkan, selama ini dia lebih banyak memasarkan produknya ke luar negeri. Untuk lokal memang belum pernah dipasarkan, sebab Patra agak pesimis lantaran banyak yang tidak mengetahui kegunaannya terutama untuk meditasi. Termasuk ia sendiri tidak mengetahui cara menggunakan bola mimpi tersebut untuk meditasi. “Yang jelas saat digoyangkan memang mengeluarkan suara nyaring,” ujarnya.

Dia menuturkan, kerajinan bola mimpi dirintisnya sejak 1991. Saat itu ada turis dari Jerman, Mr Helmut, membawakan sebuah contoh bola mimpi, dan meminta membuatkan bola itu. Ternyata berhasil, bahkan seiring berjalannya waktu karyanya kian dikenal. Bahan bola dari kuningan, kemudian dibentuk menjadi setengah lingkaran. Untuk memberikan suara nyaring beberapa bagian dipatri dan dimasukan beberapa butir pelor.

Dia dibantu 6 karyawan, rata-rata pesanan masuk 600 pcs/tahun, namun sebagian besar bola mimpi ukuran kecil dan sedang. “Belakangan ini orderan masuk dari Jepang,” katanya.

  • 28 Mei 2016
  • Dibaca: 328 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita